2019-10-18

Memanfaatkan Media Sosial untuk Mengembangkan usaha UMKM


MAKALAH
Memanfaatkan Media Sosial untuk Mengembangkan usaha UMKM
Diajukan sebagai
Tugas Mata Kuliah Inovasi SI & New Technology

Oleh :
Melur Puspitasari     NPM 14118086


Kelas : 2KA26



Dosen Pembimbing :
Ibu. Dian Gustina, SKOM, MMSI.


UNIVERSITAS GUNADARMA
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER



KATA PENGANTAR


Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita masih tetap bisa menikmati indahnya alam cipataan-Nya dan juga karena telah melimpahkan rahmat- Nya kepada penulis sehingga penulis bisa menyelesaikan makalah ini selesai pada waktunya. Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya hingga pada umatnya sampai akhir zaman.
Tidak lupa kami sampaikan rasa terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah memberikan banyak bimbingan sehingga saya mengerti dengan apa yang belom saya ketahui. Penulis disini akhirnya dapat merasa sangat bersyukur karena telah menyelesaikan makalah yang diberi judul Memanfaatkan Media Sosial untuk Mengembangkan usaha UMKM sebagai tugas mata kuliah Inovasi SI & New Technology.
Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga terselesaikannya makalah ini. Dan penulis memahami jika makalah ini tentu jauh dari kesempurnaan maka kritik dan saran sangat kami butuhkan guna memperbaiki karya-karya kami dilain waktu.








Bekasi, 10 Oktober 2019



Melur Puspitasari Fatimah


Memanfaatkan Media Sosial untuk Mengembangkan usaha UMKM


Modernisasi benar-benar telah mengubah kebiasaan masyarakat kita. Jika sebelumnya penyebaran informasi hanya dilakukan melalui media cetak dan elektronik, kini informasi secara cepat dapat tersebar dengan baik melalui media internet, khususnya melalui jejaring sosial. Bahkan, melalui media sosial telah membentuk ruang publik, di mana masyarakat bebas mengekspresikan pendapat atau aktivitasnya.

Media sosial merupakan media secara online yang bisa digunakan siapapun, kapanpun dan dimanapun Anda berada. Selama fasilitas mendukung maka media sosial bisa dicapai. Faktanya semua orang di dunia untuk zaman sekarang, tidak bisa terlepas dari yang namanya media sosial. Semua orang menggunakan media sosial untuk berbagai kepentingan baik untuk bekerja, bercengkrama dengan keluarga atau teman, bertemu teman lama dan reuni bahkan untuk berbisnis.

Sebagai media yang bisa diakses oleh banyak orang, pebisnis memanfaatkan hal ini untuk membuat sebuah strategi promosi atau strategi untuk bisnis yang bisa dikatakan gratis tanpa dipungut biaya. Hal yang dibutuhkan hanya biaya fasilitas dan sdm yang bekerja saja. Namun sisanya ? tentu saja gratis dan tidak perlu izin apapun. Maka sejak maraknya penggunaan media sosial itulah, bisnis juga menggunakannya untuk kepentingan usaha mereka.

Dengan menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan. Berikut adalah keuntungannya bagi bisnis online terbaik Anda:

1.      Memperluas jaringan.
Dengan menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, hal tersebut akan memungkinkan Anda untuk memperluas jaringan customer. Sehingga, akan memungkinkan lebih banyak orang melihat produk-produk Anda yang tidak biasa terjangkau dengan media iklan lainnya. Intinya, dengan menggunakan media sosial, Anda memiliki kesempatan untuk terus tumbuh dan menjalin hubungan dengan customer potensial hanya dengan terus aktif dalam media tersebut.

2.      Meningkatkan Visibilitas.
Anda dapat menggunakan media sosial untuk membiarkan customer tahu dan terus mengikuti apa produk atau jasa terbaru yang Anda tawarkan. Ketika Anda memberikan penawaran-penawaran besar, maka calon customer akan lebih mungkin untuk berbagi dan menyebarkan bisnis Anda ke teman, keluarga, yang juga tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Terlebih, jika Anda telah memiliki banyak followers (pengikut)  dalam akun bisnis dalam media sosial, maka tinggal bagaimana cara Anda untuk memberikan penawaran-penawaran terbaik untuk meraih hati customer.

Panduan untuk Menggunakan Media Sosial Sebagai Pemasaran

Sebelum Anda menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, pertama yang harus Anda ketahui adalah, apa tujuan bisnis Anda? Apa target yang ingin Anda capai dengan melakukan pemasaran melalui media sosial? Siapakah target market Anda, dan bagaimana mereka menggunakan media sosial? Apa pesan yang ingin Anda sampaikan ke calon customer melalui media sosial nanti? Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya harus Anda temukan terlebih dahulu jawabannya. Hal ini sebagai rencana untuk memantapkan strategi pemasaran Anda dengan bantuan media sosial.

Pada intinya, strategi pemasaran melalui sosial media yakni untuk mengembangkan tujuan Anda. Misalnya seperti:
a.       Mendapatkan traffic ke situs website Anda.
b.      Konversi.
c.       Kesadaran akan sebuah merek.
d.      Menciptakan identitas merek.
e.       Komunikasi dan interaksi dengan calon customer.








DAFTAR PUSTAKA




No comments:

Post a Comment