MAKALAH
Memanfaatkan
Media Sosial untuk Mengembangkan usaha UMKM
Diajukan
sebagai
Tugas
Mata Kuliah Inovasi SI & New Technology
Oleh
:
Melur
Puspitasari NPM 14118086
Kelas
: 2KA26
Dosen
Pembimbing :
Ibu.
Dian Gustina, SKOM, MMSI.
UNIVERSITAS
GUNADARMA
PROGRAM
STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur marilah kita panjatkan
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan jasmani dan rohani sehingga
kita masih tetap bisa menikmati indahnya alam cipataan-Nya dan juga karena
telah melimpahkan rahmat- Nya kepada penulis sehingga penulis bisa
menyelesaikan makalah ini selesai pada waktunya. Sholawat serta salam semoga
selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para
sahabatnya hingga pada umatnya sampai akhir zaman.
Tidak lupa kami sampaikan rasa terima
kasih kepada dosen pembimbing yang telah memberikan banyak bimbingan sehingga
saya mengerti dengan apa yang belom saya ketahui. Penulis disini akhirnya dapat
merasa sangat bersyukur karena telah menyelesaikan makalah yang diberi judul Memanfaatkan
Media Sosial untuk Mengembangkan usaha UMKM sebagai tugas mata kuliah Inovasi
SI & New Technology.
Penulis mengucapkan banyak terima kasih
kepada semua pihak yang telah membantu hingga terselesaikannya makalah ini. Dan
penulis memahami jika makalah ini tentu jauh dari kesempurnaan maka kritik dan
saran sangat kami butuhkan guna memperbaiki karya-karya kami dilain waktu.
Bekasi, 10 Oktober
2019
Melur Puspitasari Fatimah
Memanfaatkan
Media Sosial untuk Mengembangkan usaha UMKM
Modernisasi
benar-benar telah mengubah kebiasaan masyarakat kita. Jika sebelumnya penyebaran
informasi hanya dilakukan melalui media cetak dan elektronik, kini informasi
secara cepat dapat tersebar dengan baik melalui media internet, khususnya
melalui jejaring sosial. Bahkan, melalui media sosial telah membentuk ruang
publik, di mana masyarakat bebas mengekspresikan pendapat atau aktivitasnya.
Media sosial merupakan
media secara online yang bisa digunakan siapapun, kapanpun dan dimanapun Anda
berada. Selama fasilitas mendukung maka media sosial bisa dicapai. Faktanya
semua orang di dunia untuk zaman sekarang, tidak bisa terlepas dari yang
namanya media sosial. Semua orang menggunakan media sosial untuk berbagai
kepentingan baik untuk bekerja, bercengkrama dengan keluarga atau teman,
bertemu teman lama dan reuni bahkan untuk berbisnis.
Sebagai media
yang bisa diakses oleh banyak orang, pebisnis memanfaatkan hal ini untuk
membuat sebuah strategi promosi atau strategi untuk bisnis yang bisa dikatakan
gratis tanpa dipungut biaya. Hal yang dibutuhkan hanya biaya fasilitas dan sdm
yang bekerja saja. Namun sisanya ? tentu saja gratis dan tidak perlu izin
apapun. Maka sejak maraknya penggunaan media sosial itulah, bisnis juga
menggunakannya untuk kepentingan usaha mereka.
Dengan
menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, banyak sekali manfaat yang
akan Anda dapatkan. Berikut adalah keuntungannya bagi bisnis online terbaik
Anda:
1.
Memperluas jaringan.
Dengan
menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, hal tersebut akan
memungkinkan Anda untuk memperluas jaringan customer. Sehingga, akan
memungkinkan lebih banyak orang melihat produk-produk Anda yang tidak biasa
terjangkau dengan media iklan lainnya. Intinya, dengan menggunakan media
sosial, Anda memiliki kesempatan untuk terus tumbuh dan menjalin hubungan
dengan customer potensial hanya dengan terus aktif dalam media tersebut.
2.
Meningkatkan
Visibilitas.
Anda dapat
menggunakan media sosial untuk membiarkan customer tahu dan terus mengikuti apa
produk atau jasa terbaru yang Anda tawarkan. Ketika Anda memberikan
penawaran-penawaran besar, maka calon customer akan lebih mungkin untuk berbagi
dan menyebarkan bisnis Anda ke teman, keluarga, yang juga tertarik dengan
produk yang Anda tawarkan. Terlebih, jika Anda telah memiliki banyak followers
(pengikut) dalam akun bisnis dalam media
sosial, maka tinggal bagaimana cara Anda untuk memberikan penawaran-penawaran
terbaik untuk meraih hati customer.
Panduan
untuk Menggunakan Media Sosial Sebagai Pemasaran
Sebelum Anda
menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, pertama yang harus Anda
ketahui adalah, apa tujuan bisnis Anda? Apa target yang ingin Anda capai dengan
melakukan pemasaran melalui media sosial? Siapakah target market Anda, dan
bagaimana mereka menggunakan media sosial? Apa pesan yang ingin Anda sampaikan
ke calon customer melalui media sosial nanti? Pertanyaan-pertanyaan tersebut
tentunya harus Anda temukan terlebih dahulu jawabannya. Hal ini sebagai rencana
untuk memantapkan strategi pemasaran Anda dengan bantuan media sosial.
Pada intinya,
strategi pemasaran melalui sosial media yakni untuk mengembangkan tujuan Anda.
Misalnya seperti:
a.
Mendapatkan
traffic ke situs website Anda.
b.
Konversi.
c.
Kesadaran akan
sebuah merek.
d.
Menciptakan
identitas merek.
e.
Komunikasi dan
interaksi dengan calon customer.
DAFTAR
PUSTAKA
No comments:
Post a Comment