MAKALAH
Strategy
membangun bisnis online dengan menggunakan New Technology
Diajukan
sebagai
Tugas
Mata Kuliah Inovasi SI & New Technology
Oleh
:
Melur
Puspitasari NPM 14118086
Kelas
: 2KA26
Dosen
Pembimbing :
Ibu.
Dian Gustina, SKOM, MMSI.
UNIVERSITAS
GUNADARMA
PROGRAM
STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur marilah kita panjatkan
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan jasmani dan rohani sehingga
kita masih tetap bisa menikmati indahnya alam cipataan-Nya dan juga karena
telah melimpahkan rahmat- Nya kepada penulis sehingga penulis bisa
menyelesaikan makalah ini selesai pada waktunya. Sholawat serta salam semoga
selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para
sahabatnya hingga pada umatnya sampai akhir zaman.
Tidak lupa kami sampaikan rasa terima
kasih kepada dosen pembimbing yang telah memberikan banyak bimbingan sehingga
saya mengerti dengan apa yang belom saya ketahui. Penulis disini akhirnya dapat
merasa sangat bersyukur karena telah menyelesaikan makalah yang diberi judul Strategy
membangun bisnis online dengan menggunakan New Technology sebagai tugas mata
kuliah Inovasi SI & New Technology.
Penulis mengucapkan banyak terima kasih
kepada semua pihak yang telah membantu hingga terselesaikannya makalah ini. Dan
penulis memahami jika makalah ini tentu jauh dari kesempurnaan maka kritik dan
saran sangat kami butuhkan guna memperbaiki karya-karya kami dilain waktu.
Bekasi, 15
November 2019
Melur Puspitasari Fatimah
Strategy
membangun bisnis online dengan menggunakan New Technology
Era
digital telah terbuka pertanda pintu perdagangan antar negara di dunia menjadi
tidak terbatas. Berkaitan dengan itu maka sebagai pengusaha Anda memiliki peluang
yang cukup besar untuk mengembangkan usaha bisnis Anda. Senada dengan itu pula,
artinya jumlah pesaing atau kompetitor Anda juga bertambah. Oleh karena itu,
strategi bisnis merupakan hal penting yang wajib Anda buat agar dapat
menghadapi persaingan bisnis.
Mirisnya,
tidak semua pelaku usaha tidak memahami perubahan tersebut, terutama untuk
pelaku usaha konvensional. Banyak diantara mereka yang tidak ikut melakukan
perubahan dan mengalami penurunan omzet. Era digital yang seharusnya menjadi
sebuah peluang justru menjadi ancaman untuk mereka. Untuk itu diperlukan sebuah
langkah perubahan yakni salah satu nya melalui strategi bisnis.
Bagaimana
dengan Anda? apakah sudah mempersiapkan strategi bisnis untuk menghadapi
persaingan di era digital? Berikut tips yang dapat Anda terapkan agar usaha
Anda dapat bersaing dan berkembang di era digital.
1. Menentukan
Tujuan.
Jangan
pernah membangun bisnis apapun tanpa menentukan sebuah tujuan yang akan
dicapai. Mengapa Anda ingin membuat bisnis menjadi lebih digital? Apa tujuanmu?
Apakah Anda ingin mendapatkan lebih banyak penjualan? Apakah Anda ingin
menciptakan brand awareness? Menetapkan tujuan akan membantu untuk menentukan
strategi digital apa yang perlu digunakan. Jadi, pastikan untuk terlebih dahulu
menentukan tujuan apa yang ingin dicapai.
2. Mulailah
Dengan Membuat Website Resmi.
Investasikan
modal untuk membuat website bisnis resmi. Buatlah alamat website sesederhana
mungkin, sebaiknya menggunakan nama merek sebagai alamat website. Prioritaskan
pada bagian desain.
Jangan
ragu untuk menyewa seorang desainer web jika Anda tidak dapat melakukannya
sendiri. Website perusahaan adalah wajah dari sebuah perusahaan. Orang akan
menilai seberapa profesional sebuah bisnis didasarkan pada apa yang dilihat
melalui website.
3. Gunakan
Kekuatan Dari Media Sosial.
Sekarang
setelah memiliki situs sendiri, maka langkah selanjutnya adalah menyebarkannya.
Di sinilah sosial media akan berperan dengan cara yang paling efektif. Buat
halaman Facebook, akun Instagram, akun Twitter, bahkan halaman LinkedIn.
Manfaatkan
sebanyak mungkin platform sosial media selama platform tersebut masih dalam
niche yang dituju dan Anda juga memiliki kemampuan untuk mengelola akun ini.
4. Analisa
Strategi Digital yang Telah Digunakan.
Semua
yang telah dilakukan untuk membuat bisnis menjadi lebih digital akan tidak
berarti tanpa adanya evaluasi. Periksalah kembali apakah setiap konten yang
telah di posting telah tepat dan mendapat respond yang positif dari target
pasar yang dituju? Apakah iklan yang telah dibuat berjalan dengan efektif?
Jika
telah mengetahui hasil evaluasi dari usaha mendigitalisasi bisnis online Anda,
kemudian proses pengembangan dapat mulai dilakukan pada konten-konten
berikutnya untuk menciptakan hasil yang lebih maksimal.
Namun
yang perlu diingat, tentunya proses digitalisasi bisnis adalah sebuah proses
yang perlu kesabaran dan konsistensi sehingga diperlukan proses membangun dan
usaha yang lebih saat diawal.
DAFTAR
PUSTAKA
Pretty good post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your blog posts. Any way I’ll be subscribing to your feed and I hope you post again soon. judi online
ReplyDelete